Diving di Sabang, Pulau Weh

Tentang Sabang Pulau Weh

Sabang adalah nama kota paling barat di Indonesia. Kota Sabang terletak di Pulau Weh, yang merupakan wilayah di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD).


Pulau Weh sendiri mempunyai luas kurang lebih, 156,3 Km2. Merupakan pulau vulkanik yang mempunyai tanah yang subur dan memiliki banyak pegunungan. Terdapat 4 Pulau kecil yang mengelilingi pulau Weh, yaitu Pulau Klah, Pulau Rubiah, Pulau Seulako dan Pulau Rondo.
Pulau Rubiah adalah tempat menyelam yang bagus untuk spot terumbu karangnya. Selain itu di pulau weh sendiri juga terdapat sekitar 20 lebih spot menyelam yang merupakan salah satu spot terbaik yang ada di Indonesia.

Kehidupan Satwa Liar

Berbagai satwa liar dapat ditemui di Pulau Weh yaitu Monyet kera, babi hutan, berbagai jenis kadal, kadal monitor, dan terdapat species katak yang terancam punah yaitu jenis Bufo valhalla kodok (katak), dan berbagai pilihan warna kupu-kupu dan burung.

Kehidupan satwa Laut

Berbagai jenis satwa laut banyak terdapat di pulau weh yaitu :
Ikan laut dangkal dan lepas pantai mulai dari ikan badut, ikan batu, gurita karang, bandeng, patin, pari hingg ikan lumba-lumba dan hiu.
Kerang dan Anemon laut seperti karang bintang, karang jambul, karang bunga, cambuk laut, anemon karpet dan manik-manik anemon
Berbagai jenis ubur-ubur juga banyak ditemui di perairan pulau weh. Dan juga terdapat banyak hewan tak bertulang belakang seperti teripang atau gamat, bintang laut, landak laut dan lainnya.

Kondisi masyarakat Sabang/Aceh

Mayoritas penduduknya adalah Muslim, jadi pakaian sederhana lebih diutamakan. Anda bisa berpakaian santai sambil tetap menghormati penduduk setempat. Apakah beberapa pantai di mana baju renang atau bikini tidak diperbolehkan. Pada hari Jumat pagi tidak disarankan berenang, menyelam atau memancing. Sejak pagi hari semua toko selam tutup, baru dibukan setelah pukul 2 siang.

Menuju ke Sabang (Pulau Weh)

Jika ingin ke Sabang, bisa melalui 2 Bandara, yaiutu Bandara Maimun Saleh di Kota Sabang atau Bandara Internasioanl Sultan Iskandar Muda di Banda Aceh.

Penerbangan langsung ke Sabang

Domestik
a. Dari Medan (KNO) penerbangan langsung ke Sabang (SBG) oleh Garuda Indonesia.
b. Dari Jakarta (CGK) terhubung penerbangan ke Sabang (SBG) oleh Garuda Indonesia.

Penerbangan ke Sabang melalui Banda Aceh

1. Domestik
a. Dari Jakarta (CGK) penerbangan langsung ke Banda Aceh (BTJ) oleh Lion Air dan Garuda Indonesia.
b. Dari Medan (KNO) penerbangan langsung ke Banda Aceh (BTJ) oleh Lion Air dan Garuda Indonesia.

2. Internasional
a. Dari Malaysia
• Dari Kuala Lumpur (KUL) ke Banda Aceh (BTJ) setiap hari penerbangan langsung Air Asia.
• Dari Penang (PEN) ke Banda Aceh (BTJ) penerbangan langsung dengan maskapai Firefly.
b. Dari Singapura
• Dari Singapura tidak ada penerbangan langsung ke Banda Aceh. Terbang ke Medan, Kuala Lumpur atau Penang dan kemudian ke Banda Aceh.
3. Dari Thailand
• Dari Bangkok tidak ada penerbangan langsung ke Banda Aceh. Terbang ke Medan (Air Asia), Kuala Lumpur (penerbangan Air Asia, Malaysia, Egypt Air, Thailand Air Ways) atau Penang (Air Asia) dan kemudian ke Banda Aceh.

Setibanya di Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM), Banda Aceh, NAD, Indonesia, anda bisa naik Taksi menuju ke Pelabuhan Ulee Lheu. Waktu tempuh Bandara SIM – Ulee Lhee sekitar 20 menit. Sesampainya di pelabuhan Ulee Lheu, bisa naik kapal feri (cepat dan lambat) menuju pelabuhan Balohan di Pulau Weh. Dari Pelabuhan Balohan menuju sabang anda bisa memesan taksi atau bajaj lagi dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Jadwal kapal tergantung pada cuaca dan harap berada di pelabuhan 30 menit sebelum waktu keberangkatan.

Melakukan kegiatan Menyelam di Sabang, Pulau Weh

Belum banyak penyelam yang mengetahui keindahan spot menyelam di Pulau Weh. Banyak sekali spot yang unik dan mengagumkan yang bahkan belum pernah di explorasi lebih lanjut oleh para penyelam. Tantangan dari kondisi alam dan cuacanya juga membuat penyelam mendapatkan pengalaman yang mungkin belum tentu di dapat di spot menyelam lainnya.

Waktu Terbaik Untuk Melakukan Kegiatan Menyelam Di Sabang Pulau Weh

Jika anda mencari saat terbaik untuk menyelam di Sabang Pulau Weh adalah saat musim kemarau yaitu pada bulan April sampai November. Pada waktu ini cuaca sangat baik karena matahari bersinar cerah dan anda bisa menikmatinya di laut. Saat ini kadang hujan turun tapi tidak lama hingga berhari-hari, sepanjang bulan April dan November penuh dengan hari-hari yang cerah nan indah.

Waktu Yang Dilarang Untuk Melakukan Kegiatan Menyelam Di Sabang Pulau Weh

Ada waktu-waktu tertentu seperti Hari libur setempat atau beberapa hari istimewa di Aceh yang tidak boleh melakukan kegiatan di Laut termasuk menyelam.

a. Setiap Hari Jumat
Dari jam 7 malam dari hari Kamis sampai Jumat pukul 2 siang. Snorkeling, memancing dan aktivitas lainnya di laut tidak diperbolehkan, kecuali Ferry ke dan dari Banda Aceh.

b. Ramadhan
Hari pertama bulan Ramadhan (bulan puasa bagi umat Islam) sejak jam 7 malam sehari sebelumnya. Penetapan hari pertama Ramadhan berubah setiap tahunnya.

c. Hari Raya Islam (Idul Fitri)
Liburan Muslim yang menandai akhir bulan Ramadhan. Tanggal berubah setiap tahunnya.

d. Hari Raya Haji (Idul Adha)
Penyembelihan hewan kurban oleh umat Islam. Tanggal berubah setiap tahunnya

e. Hari kemerdekaan Indonesia, setiap Tanggal 17 Agustus
Dari jam 6 pagi sampai jam 12 siang Indonesia mendeklarasikan kemerdekaannya dari Pemerintah Belanda pada tanggal 17 Agustus 1945.

f. Hari peringatan tsunami, setiap tanggal 26 Desember
Dari jam 6 pagi sampai jam 12 siang, Mengingat Tsunami Samudera Hindia pada tanggal 26 Desember 2004.

g. Khanduri Laot,
Tradisi Aceh mengucapkan terima kasih kepada Tuhan karena memberi rezeki berupa ikan kepada nelayan. Tanggal berubah setiap tahunnya. Mulai pukul 8 malam sampai pukul 2 siang 3 hari setelahnya. (berlangsung 3 hari)

Tempat Menyelam (Dive Sites) di Sabang, Pulau Weh

1. Terumbu Karang Gapang
Terletak di sepanjang pantai Gapang, yang merupakan pantai berpasir putih panjang. Pantai Gapang adalah pantai dangkal ditutupi dengan formasi karang kecil, rumah bagi berbagai makhluk.
Banyak daerah berpasir memberikan lingkungan yang sempurna untuk belajar menyelam atau menyelam di malam hari. Lebih kurang 50 meter keluar pantai terdapat Pulau Rubiah yang membawa arus besar. Pada spot ini adalah tempat yang tepat bagi pemula yang ingin belajar menyelam dengan arus.
Batu-batu vulkanik melapisi kedua sisi teluk sehingga menjadikannya terumbu karang yang bagus untuk penyelam pemula.

2. Limbo Gapang
Merupakan spot menyelam di Pantai Gapang Lama. Perairan dangkal yang kaya akan makhluk air yang bersahabat dengan penyelam. Lokasinya yang mudah dijangkau membuat anda bisa melakukan penyelaman tanpa perlu didampingi pemandu.
Tempat ini bisa juga menjadi tempat latihan menyelam bagi pemula dengan dasar laut yang berpasir serta beberapa terumbu karang dan ikan tropis yang indah menakjubkan.

3. Sophie Rickmers Wreck
Adalah spot Wreck Dive yang mengesankan. Merupakan Bangkai kapal Sophie Rickmers sepanjang 134 meter, yang terletak di teluk yang terlindung. Kondisi bangkai kapal ini terdiri Bagian atas ruang kemudi dengan panjang 37 meter, geladak sekitar 45 meter dan busur lurus yang terletak di bagian bawah terletak di kedalaman lebih dari 55 meter.
Penyelaman ini dilakukan sebagai penyelaman dekompresi, jadi hanya untuk “penyelam berpengalaman” yang mempunyai pengalaman paling tidak sudah 100 kali jam menyelam “open water” dan sudah memahami prosedur dekompresi dan kedalaman.

4. Gunung Api Bawah air
Penyelaman pada spot ini biasanya dilakukan sekaligus dengan Spot Sabang Wreck (5). Penyelaman ini memberikan anda suasana alam yang menarik. Kondisi air yang hangat karena aktivitas panas dan gelembung yang meningkat membuat suasana menyelam menjadi menakjubkan. Ditambah lagi kita bisa melihat Biota laut yang jarang terlihat, seperti kura kura-kura dengan cangkang lunak (labi-labi).

5. Sabang Wreck
Spot selam bangkai Kapal Tunda yang letaknya dekat dengan pantai, dikombinasikan dengan penyelaman gunung api. Terdapat banyak karang sehat menempel pada bangkai kapal sehingga menjadi spot selam dangkal yang indah.

6. Thailand Wreck
Bangkai Perahu Thailand dengan panjang sekitar 26 meter. Disini anda bisa menjumpai ikan kodok.

7. Meuroroe
Ini adalah spot bagi penyelam Advance, karena biasanya dilakukan penyelaman saat bulan purnama dimana arus air sangat kuat. Meuroroe adalah spot terbaik untuk melihat kawanan ikan bandeng (milkfish) dan Ikan Pari (manta). Sementara dibagian perairan yang dangkal anda juga bisa melihat Table Coral yang cantik.

8. Rubiah Sea Garden
Tempat penyelaman yang dangkal dan empuk, meski terkadang ada arus. Bagian dasar berpasir yang besar dilapisi formasi batuan dan karang, lembut dan keras, dengan berbagai ikan karang.
Belut kebun (Garden Eels) biasanya terlihat dan kura-kura sesekali datang untuk menyapa.

9. Arus Paleeh
Spot meyelam arus kuat yang dikelilingi batu vulkanik dan batu-batu besar.

10. Rubiah Barat
Tempat yang menakjubkan untuk melihat Kawanan Ikan seperti Ikan Kuwe Gerong (giant trevally), Ikan barracudas, hiu dan pari di luar terumbu kedalaman bisa mencapai hingga 45 m dengan dasar berpasir.

11. Seulako Barat
Terletak di Pantai barat Pulau Seulako, menuju Arus Paleeh. Terdapat Beragam ikan karang, Ikan pelagis, dengan arus ringan membuat tempat menyelam ini sangat indah. Di ujung selatan, overhang besar antara 12-15 meter membuat gua seperti kondisi dengan masuk / keluar yang mudah, di mana langit-langitnya ditutupi karang yang indah. Bagus untuk menemukan barang-barang kecil.

12. Seulako Timur
Mirip dengan sisi barat Pulau Seulako. Topografi landai dengan kepala karang dan batuan vulkanik di perairan dangkal. Menurun ke kedalaman.

13. Batee Tokong
Ditandai oleh serangkaian bebatuan yang menonjol dari laut, situs penyelaman ini menawarkan dinding miring yang lebar yang diliputi oleh karang kipas laut yang terhubung ke “shark plateau”. Arus melingkar yang kuat membuat anda bisa melihat kawanan ikan pelagis termasuk hiu ujung putih dan hitam, trevally, barakuda dan berbagai jenis ikan pari.
Spot utama dari penyelaman ini adalah dinding dangkal pada 12-18 meter, rumah yang indah bagi berbagai jenis belut karang (moray).

14. Shark Plateau
Sebuah tempat menyelam kelas dunia. Sering dilakukan pada pagi hari untuk ‘penyelaman ikan hiu’ dan penyelamanan Tokong di tempat yang lebih dalam dengan arus yang lebih kuat. Ini adalah daerah dataran tinggi berpasir dimana Hiu Tutul (Hiu Perak, Hiu karang abu-abu, dan hiu hitam) biasa muncul, ditambah kawanan ikan pelagis yang juga sering ada di spot ini.

15. Batee Gla
Spot menyelam yang jarang ada ditempat lain. Terdiri dari arus melingkar yang sangat deras, air dangkal dipenuhi batu-batu besar yang tertutup karang, ditambah lagi beberapa terumbu karang gorgonian yang sangat sehat dan indah.

16. Canyon
Salah satu dari 3 tempat penyelaman Terbaik di Pulau Weh. Jalur berpasir yang besar diikuti oleh dinding barat yang dalam yang tertutup gorgonians yang sehat dan indah hingga di kedalamam 60 meter.
Sebuah overhang kecil / pintu masuk gua, dilanjutkan ke timur, dua singkapan batu besar berkisar antara 10 sampai 30 meter dipisahkan oleh 2 saluran ngarai, lebar 5 meter yang memberikan jeda dari arus dan menawarkan tempat yang bagus untuk melihat kehidupan laut yang menakjubkan seperti tuna gigi anjing, barakuda, trevally, jackfish, napoleon, afrika trevally dan unicorn fish, dan kadang juga terlihat hiu tapak.
Di akhir penyelaman dapat melihat salah satu tempat terbaik untuk menemukan karang meja baru yang sedang berkembang pasca tsunami.

17. Pante Peutanung
Situs menyelam top 3 lainnya, menawarkan terumbu karang yang tertutupi gorgonia. Semuanya bisa dilihat disini, bahkan orca! Lebih cocok untuk penyelam yang berpengalaman karena kedalamannya, inilah Pulau Weh yang paling sehat. Ikan Giant trevally, jackfish, dan barracuda raksasa sering bergerombol di laut biru atau di dekat terumbu. Jika datang Musimnya, ini adalah spot terbaik untuk melihat kawanan ikan Pari Setan.

18. Bak Kopra
Lokasinya yang terlalu jauh sehingga jarang dijadikan tempat menyelam. Sebenarnya ini adalah tempat yang bagus untuk melihat karang meja besar setinggi 20 meter. Tempat yang tidak begitu dalam sekitar 25 meter kita temukan dasar berpasir datar. Di situs ini bagus untuk melihat staf makro, terutama nudiebrach, cowrie, cumi-cumi, dll.

19. Pulau Rondo
Salah satu situs menyelam yang paling sulit dan menantang di sekitar pulau Weh, karena kondisi topografi dan lingkaran arusnya. Tempat yang sempurna untuk Advance Divers yaitu harus memiliki pengalaman minimal 100 kali penyelaman. Tempat ini jarang tersentuh dan sangat unik.

20. Meuduroe
Terletak di ujung selatan pulau Weh. Salah satu tempat menyelam yang paling menakjubkan untuk teras terumbu karang, dengan air terjun bawah airnya. Terdapat Kawanan Ikan dengan jumlah besar dan termasuk didalamnya kawanan ikan pelagis besar.

21. Anoi HItam
Spot ini diasanya dimulai dari daerah berpasir yang ditutupi dengan kepala karang hingga 18 meter, arusnya menawarkan anda melihat ikan pelagis. Tempat yang bagus kalau beruntung, anda bisa melihat manta / Ikan Pari.